pulsa

Pesan Kematian

Pesan Kematian

Siapa yang bisa menghindari kematian. Bila ajal sudah datang menjemput tidak ada yang bisa menolaknya, semua itu adalah urusan dan rahasia allah yang menentukan. Namun dari kejadian ini paling tidak kita bisa menggali pesan dari kematian itu sendiri. Ada tiga pesan yang disampaikan oleh baginda rasulallah SAW mengenai al-maut.

  1. Jangan takut mati, karena mati pasti terjadi, kemanapun kamu lari,matipun pasti terjadi. Tapi takutlah hidup setelah mati. Bekal apa yang kamu bawa  setelah mati. ??????
  2. Orang muslim tidak boleh takut mati, tapi harus berani mati tapi juga harus berani hidup. Minta mati dilarang agama. Berbuat sesuatu yang menyebabkan kematian adalah dosa besar. Bunuh diri adalah bukan sikap orang yang pemberani, yang bunuh diri itu orang yang penakut. Sebab dia hanya berani mati tapi tidak berani hidup. Kita juga tidak boleh mendoakan orang lain cepat mati, atau sebaliknya kita minta cepat mati. Apapun yang terjadi kita harus berani hidup tentunya dengan amalan yang cukup untuk bekal kematian itu sendiri. hidup......kehidupan....!!!
  3. Jangan lupa pada kematian. Mau tidak mau kita akan berhadapan dengan yang namanya al-maut atau kematian. Rasulallah mengemas pesan moralnya dengan indah melalui sebuah hadist " silahkan kamu cintai istrimu,suamimu, tapi kamu harus siap berpisah dengan mereka. Apakah kamu yang akan meninggalkan atau mereka yang meninggalkan kamu. Silahkan kamu mencintai jabatan kamu, kedudukanmu,hartamu, tapi kamu harus siap meninggalkan semua itu atau semua itu yang meninggalkan kamu". Memang tidak semua orang siap atau mengingat kematian. Kadang kita bertingkah seakan mempunyai nyawa dobel contoh anak-anak muda yang naik motor ugal-ugalan dijalan raya, pejabat juga yang ugal-ugalan dengan jabatannya dengan melakukan korupsi dan penindasan, seolah mereka hidup selama lamanya. Atau kita sendiri enggan beribadah seolah kita tidak takut pada al-maut, ini juga bisa disebut cara hidup ugal-ugalan .
Hadist Rasulallah SAW yang disampaikan lewat para sahabatnya yang mulia Abu hurairah Radhiyallahu Anhu : "Perbanyaklah kalian mengingat pemutus kelezatan (yakni kematian)".
(HR.At-tarmidzi)
Lewat hadist diatas disunahkan bagi setiap muslim baik yang sehat maupun yang sedang sakit  untuk mengingat mati dengan hati dan lisannya. karena dengan ini kita bisa menghindari dari perbuatan maksiat serta mendorong untuk banyak berbuat kebaikan dan beramal dengan sesama.
Mengingat mati dikala dalam kesempitan akan melapangkan hati, sebaliknya ketika dalam ketenangan hati kita jadi tidak lupa diri dan mabuk kepayang. Dengan demikian kita selalu siap pergi kapan saja, untuk selamanya. Kita sebagai muslim harus cerdas menyingkapi kematian ini dengan sholat, beramal sholeh sebanyak-banyaknya untuk bekal kematian kita.

Selamat mengingatnya.........setiap saat..!!!

ads

Ditulis Oleh : terapi Hari: 1/16/2013 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
HTML Comment Box is loading comments...